Sabtu, 02 September 2017

7 Tips Ampuh agar Mampu Menaklukan Bahasa Arab (Tips 6)


        6.  Catat
Sesungguhnya metode ini tidak hanya khusus untuk bahasa Arab melainkan untuk semua disiplin ilmu. Ada banyak sekali wasiat yang menunjukkan bahwa mencatat itu metode ampuh untuk mengikat ilmu. Diantaranya:
قال النبي: "قَيّدوا العلمَ بالكتاب"
Nabi  bersabda: “ikatlah ilmu dengan tulisan”[1]
وقال الشَّعبي: "إذا سمعتَ شيئا فاكتبه ولو في الحائط"
Asy-Sya’by -rahimahullah- berkata: “jika kamu mendengar suatu ilmu maka catatlah meskipun di atas tembok”[2]
قال أبو المليح الرَّقِّي: "يعيبون علينا أن نكتبَ العلمَ ونُدَوِّنه، وقد قال الله تعالى: ﴿عِلْمُهَا عِندَ رَبِّي فِي كِتَابٍ  لَّا يَضِلُّ رَبِّي وَلَا يَنسَى (طه: 52)
Abul Malih ar-Roqqy berkata: “mereka mengolok-olok kami karena kami mencatat ilmu dan membukukannya, padahal Allah Ta’ala berfirman: “Pengetahuan tentang umat-umat terdahulu ada di sisi Tuhanku, tercatat dalam sebuah kitab, Tuhan kami tidak akan salah dan tidak akan lupa”.”[3]
            Ada banyak wasiat lainnya yang sejalan dengan wasiat di atas. Maka catatlah setiap kali mendapatkan hal baru dari pelajaran bahasa Arab, karena catatan tersebut akan menguatkan hafalan. 

Rizki Gumilar 
di Kampung Santri





[1] Diriwayatkan oleh ad-Darimy dalam sunannya: 497, ath-Thabrany dalam “al-Kabir”: 1/246 no: 700, dishahihkan oleh al-Albany dalam “Silsilah Shahihah” no. 2026 dengan seluruh jalannya.
[2] Kitabul ilmi: 58
[3] Taqyidul ilmi: 1/110



0 komentar:

Posting Komentar