Sabtu, 02 September 2017

7 Tips Ampuh agar Mampu Menaklukan Bahasa Arab (Tips 3)


     3. Semangat yang tinggi
Hendaknya kita memiliki semangat yang tinggi dalam meraih ilmu, termasuk ilmu bahasa Arab. Jangan harap dengan bersantai-santai, banyak tidur, banyak makan, kita bisa meraih ilmu yang kita inginkan, karena ilmu dengan dunia tidak bisa dimadu. Sebagaimana Ibnul Jauzy -rahimahullah- berkata:
"مَن رُزِقَ هِمّةً عاليةً يُعَذّبُ بمقدارِ عُلُوِّها، كما قال المتنبّي: وإذا كانت النفوسُ كِبارًا، تعِبَتْ في مُرادِها الأجسامُ"
“siapapun yang dikaruniai semangat yang tinggi maka dia akan diuji sesuai kadar semangatnya, sebagaimana al-Mutanabby -rahimahullah- berkata:
“Jika jiwa (semangat) semakin besar, maka raga akan kelelahan mengikuti keinginannya”.”[1]
            Cukuplah kita tanamkan dalam sanubari sebagai motivasi: “bahasa Arab adalah bahasa yang luhur ((لغةٌ سامِيَةٌ,[2] dia tidak bisa diraih melainkan oleh mereka yang berjiwa luhur. Dan keluhuran sangat erat dengan kesungguhan, adapun kemalasan lebih mendekati kehinaan.” 

Rizki Gumilar 
di Kampung Santri





[1] Shoidul khothir: 373
[2] Kata سامِيَةٌ memiliki 2 makna: yang pertama maknanya “yang luhur” jika dia sebagai isim fa’il dari kata سَمَا maknanya عَلا وارتفع (tinggi dan luhur), yang kedua maknanya “berasal dari Sam” jika dia sebagai isim nisbah yang disandarkan padaسام بن نوح  (Sam putra Nuh -alaihis salam-).



0 komentar:

Posting Komentar