Sabtu, 02 September 2017

7 Tips Ampuh agar Mampu Menaklukan Bahasa Arab (Tips 1)


      1. Cintai bahasa Arab
Setiap kali kita hendak meraih sesuatu maka jangan lupakan tips yang pertama ini. Karena jika kita mencintai sesuatu maka kita akan meraihnya sekuat tenaga tanpa perlu diperintah. Sebaliknya jika kita membenci sesuatu maka dengan serta merta kita akan menjauhinya tanpa perlu dilarang.
Pada asalnya watak dan tabiat seorang muslim sejati tidak akan membenci bahasa Arab. Bagaimana mungkin dia bisa membenci sesuatu yang dia butuhkan dalam kehidupan sehari-hari?! Diibaratkan orang hidup yang tidak suka makan. Bagaimana mungkin dia tidak suka makan padahal untuk tetap hidup dia butuh makan. Ketika kita sadar bahwa bahasa Arab itu dibutuhkan oleh setiap muslim, tentu kita tidak akan merasa berat untuk mempelajarinya.
Mungkin sebagian mereka berkata: “saya tidak benci terhadap bahasa Arab, hanya saja saya jenuh karena sulit mempelajarinya”. Ketahuilah bahwa tidak ada satu bahasa pun yang bisa dipelajari sekejap mata. Tidakkah kita perhatikan anak-anak kita ketika mereka kesulitan melafalkan bahasa Indonesia kata per kata, namun mereka terus berusaha. Bahkan mereka setahap demi setahap belajar mengucapkan huruf-huruf bibir terlebih dulu seperti ma, ba, dan pa, sebelum mengucapkan huruf lidah. Adakah anak kita yang baru lahir bisa mengucapkan kata “kelelawar”? Tidakkah kita malu kepada anak-anak kita?
Maka untuk menanamkan rasa cinta terhadap bahasa Arab hendaknya kita luruskan niat. Imam At-Tsa’alaby -rahimahullah- berbagi tips kepada kita agar kecintaan kita terhadap bahasa Arab tidak luntur di saat kita jenuh mempelajarinya, beliau berkata:
"مَن أحَبّ اللهَ تعالى أحَبّ رسولَه محمّدًا، ومَن أحبّ الرسولَ العربيَّ أحبّ العربَ، ومَن أحبّ العربَ أحبّ العربيّةَ التي بها نَزَلَ أفضلُ الكُتبِ على أفضلِ العَجَمِ والعربِ"
“Barangsiapa mencintai Allah Ta’ala maka dia akan mencintai Rasul-Nya Muhammad -shalallahu 'alaihi wa sallam-, barangsiapa mencintai Rasul-Nya -shalallahu 'alaihi wa sallam- yang berbangsa Arab maka dia akan mencintai bangsa Arab, barangsiapa mencintai bangsa Arab maka dia akan mencintai bahasa Arab, yang dengannya diturunkanlah sebaik-baik kitab kepada sebaik-baik manusia”.[1]
            Tips di atas cukup ampuh bagi kita yang mulai putus asa ketika mempelajari bahasa Arab. Maka senantiasa ingatkan diri kita bahwa cinta kepada bahasa Arab adalah diantara bukti cinta kita kepada Allah, Pencipta kita. 

Rizki Gumilar 
di Kampung Santri





[1] Fiqhul lughah: 29

0 komentar:

Posting Komentar